Uji Perlakuan Irisan Daun Mimba (Azadirachta indica) Terhadap Penyusutan Luka Ikan Zebra (Danio rerio) (Kajian Eksperimen Biologi)

Main Article Content

Mumtazunnisa As Sufiyah Ar Rahmah
Nour Athiroh Abdoes Sjakoer
Ari Hayati

Abstract

Mimba adalah tanaman yang sangat berpotensial untuk dikembangkan pada saat ini, disebabkan mimba memiliki potensi besar untuk pengendalian hama, perlindungan terhadap lingkungan dan dalam bidang pengobatan. Azadirachta indica merupakan tanaman yang bernilai ekonomis tinggi karena dapat digunakan sebagai obat – obatan. Dalam beberapa tahun yang lalu ikan zebra sering digunakan sebagai organisme model percobaan dalam ilmu bidang biomedis, hal ini karena ikan zebra memiliki anatomi dan proses fisiologis yang sama dengan vertebrata yang lainnya. Berdasarkan penelitian sebelumnya mimba mengandung senyawa yaitu flavonoid, tanin, saponin, terpenoid, alkaloid, asam lemak, steroid dan triterpenoid. Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui pemberian daun mimba (Azadirachta indica) terhadap penyembuhan luka zebrafish (Danio rerio). Jumlah hewan uji adalah 28 ekor ikan zebra dibagi menjadi 4 kelompok.. Kelompok 1 sebagai kontrol, kelompok 2, 3 dan 4 sebagai perlakuan. Daun mimba di iris kemudian di taburkan ke dalam aquarium yang telah berisi ikan zebra yang terluka. Dilihat perubahan luka selama 7 hari. Dihitung dan di analisis rata – rata perubahan luka ikan zebra, kemudian dianalisis menggunakan uji ANOVA menggunakan JAMOVI. Hasil dari penelitian ini penyusutan luka ikan zebra (Danio rerio) dengan rata – rata penyusutan luka sebanyak 0,0486 cm pada perlakuan kontrol, rata – rata penyusutan ukuran luka pada perlakuan P1 sebanyak 0,1429 cm, rata – rata penyusutan ukuran luka pada perlakuan P2 sebanyak 0,1571 cm, rata – rata penyusutan ukuran luka pada  perlakuan P3 sebanayak 0,1714 cm, memiliki nilai yang beda nyata. Sehingga IDM dapat memberikan pengaruh terhadap penyusutan luka ikan zebra.

Article Details

How to Cite
Ar RahmahM., SjakoerN., & HayatiA. (2024). Uji Perlakuan Irisan Daun Mimba (Azadirachta indica) Terhadap Penyusutan Luka Ikan Zebra (Danio rerio) (Kajian Eksperimen Biologi). Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience-Tropic), 9(2), 9-18. https://doi.org/10.33474/e-jbst.v9i2.406
Section
Article (Makalah)