Kombinasi Media Tanam Pupuk Kompos dan Pupuk Kandang (Kambing) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dengan Metode Hidroponik

Main Article Content

Erin Novita Agustina
Saimul Laili
Lisminingsih Djuniwati Ratna

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Sebagian besar lahan saat ini beralih fungsi untuk pembangunan industri. Akibatnya muncul berbagai macam metode tanam yang salah satunya metode hidroponik. Hidroponik adalah metode tanpa menggunakan media tanah sebagai pengikat nutrisi. Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui pengaruh jenis media tanam pupuk kompos dan pupuk kandang (kambing) dengan metode hidroponik terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Kedua, untuk mengetahui jenis media tanam mana yang memberikan pengaruh terbaik dengan metode hidroponik terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 5 perlakuan yaitu P0: media air (kontrol), P1: media pupuk kompos + pupuk kambing + air 150 ml = 1:1, P2: media pupuk kompos + pupuk kambing + air 150 ml = 3:1, P3: media pupuk kompos + pupuk kambing + air 150 ml = 1:3, P4: media pupuk kompos + Pupuk kambing + air 150 ml = 1:4. Analisis data menggunakan ANOVA apabila terjadi perbedaan nyata akan dilanjutkan dengan uji BNT taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang pertama, media tanam pupuk kompos dan pupuk kandang (kambing) memberikan hasil yang nyata pada pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah dan panjang akar tanaman. Sedangkan pada pengamatan lebar daun dan berat kering tanaman memberikan hasil yang tidak berbeda nyata. Kedua, Pada perlakuan P2 atau pemberian pupuk kompos + pupuk kandang (kambing) dengan perbandingan 3:1 memberikan pengaruh terbaik pada pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica Rapa L.)


Kata kunci : Hidroponik, Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.), Media tanam.

Article Details

How to Cite
AgustinaE., LailiS. and RatnaL. (2022) “Kombinasi Media Tanam Pupuk Kompos dan Pupuk Kandang (Kambing) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dengan Metode Hidroponik”, Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience -Tropic), 8(1), pp. 122-128. doi: 10.33474/e-jbst.v8i1.370.
Section
Article (Makalah)