Kualitas Vegetasi Zona Riparian dengan Menggunakan Index of Riparian Quality Di Kawasan Wisata Coban Talun Kota Batu, Jawa-Timur

Main Article Content

Sulisetyo Rini
Ari Hayati
Hazan Zayadi

Abstract

Vegetasi riparian yang ada di tepi kanan-kiri sungai adalah tumbuhan yang tumbuh dengan karakteristik morfologis, fisiologis dan reproduksi dengan adaptasi dengan lingkungan lembab. Wilayah ini memiliki perbedaan dari daerah lain karena lingkungan dan perairannya. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui jenis-jenis serta mengetahui keanekaragaman Vegetasi riparian yang ada di kawasan wisata Coban Talun kota Batu. Penelitian dilakukan bulan November-Maret 2020, di bagian Hulu sungai Brantas Coban Talun kota Batu. Vegetasi riparian terdapat 88 spesies dengan 42 famili. Berdasarkan Indeks Nilai Penting (INP) dengan hasil dominan pada stasiun 2 yaitu spesies Shorea leprosula dengan nilai 46,9% Indeks Keanekaragaman Shanon-Wienner dengan hasil dominan pada stasiun 1 dengan nilai 2,55% dan indeks QBR menunjukkan 3 stasiun memiliki nilai kualitas vegetasi riparian yang berbeda pada stasiun 1 dan 2 termasuk dalam kategori sangat baik dalam kondisi alami dengan skor 95 dan pada stasiun 3 kualitas bagus dan terdapat gangguan dengan skor 80. Faktor abiotik yang diamati meliputi pH tanah dan Konduktivitas tanah.


Kata kunci: Indeks keanekaragaman, Indeks Nilai Penting, Indeks QBR (Index of Riparian Quality), Vegetasi riparian.

Article Details

How to Cite
RiniS., HayatiA. and ZayadiH. (2022) “Kualitas Vegetasi Zona Riparian dengan Menggunakan Index of Riparian Quality Di Kawasan Wisata Coban Talun Kota Batu, Jawa-Timur”, Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience -Tropic), 8(1), pp. 103-110. doi: 10.33474/e-jbst.v8i1.347.
Section
Article (Makalah)